Selamat datang di Toko Ratu :)

Jumat, 07 Oktober 2016

shampo alami untuk burung



halo semua..


burung kesayangan anda ada kutunya? tenang, kali ini saya akan membahas tentang bagaimana menghilangkan kutu pada burung.

Kutu merupakan sejenis parasit pengganggu yang menghisap darah, dan ini bisa membuat burung kesayangan anda enggan berkicau. Kutu bisa menghasilkan 6 telur dalam sehari dan menetas dalam waktu kurang dari 8 hari. Ini artinya, jika kutu pada burung tidak segera diatasi maka berbahaya bagi burung kita....

Kutu menempel di bulu dan kulit pada burung, jadi saat kutu ini bergerak atau menggigit maka burung akan merasa gatal dan otomatis tidak berkicau karena berusaha mematuk kutu tersebut. Sebenarnya kutu pada burung bisa diatasi dengan cara yang sederhana dan mudah, serta alami.


berikut adalah cara menghilangkan kutu dengan cara alami :


1. Dengan air bekas cucian beras (tajin)


Air bekas cucian beras berwarna putih dan bisa digunakan sebagai media untuk menghilangkan kutu pada burung. Orang jawa biasa menyebut air ini dengan air tajin. Meskipun sifat dari air bekas cucian beras ini tidak meracuni, tetapi bisa melepaskan telur dan kutu dari bulu-bulu burung. Karena air ini bisa menembus lapisan lilin pada bulu burung, dimana kutu dan telurnya ada di dalamnya. Anda bisa menggunakan air bekas cucian beras serbagai air untuk mandi burung. Jika burung mandi dengan air bekas cucian beras ini maka otomatis air akan membasahi bulu burung dan menembus lapisan lilinnya. Untuk hasil yang maksimal, setelah burung selesai mandi biarkan si burung didis (mengeringkan bulunya) dulu. Setelah cukup kering, anda bisa mencari dan menarik kutu dan telurnya dengan kuku. Cara lainnya adalah dengan memasukkan air bekas cucian beras ke wadah penyemprot (sprayer) kemudian burung disemprot dengan air bekas cucian beras tersebut. Bisa dengan memegang burung atau menyemprotnya dari luar sangkar. Kutu akan terlihat karena keluar dari sarangnya. Cukup mudah bukan?



2. Dengan air rendaman daun sirih


Air rendaman daun sirih cukup efektif membuat kutu dan telurnya mati, dan cara ini sudah banyak digunakan oleh para pecinta burung yang sudah berpengalaman. Langkah-langkahnya sebagai berikut :

Petik 7-10 daun sirih yang masih segar.
Rebus semua daun sirih dengan 1 liter air.
Tunggu sampai air berwarna hijau gelap.
Angkat dan dinginkan dulu.
Masukkan air rebusan daun sirih tersebut ke dalam wadah penyemprot (sprayer).
Semprotkan merata pada burung. Usahakan air masuk ke lapisan dalam bulu burung.
Atau dengan cara memegang burung dan menyemprotnya.
Bisa juga sebagai air mandi burung (tuangkan di karamba).
Setelah dimandikan, tunggu selama 1-2 jam sampai kering. Tujuannya agar kutu dan telurnya benar-benar mati.
Selanjutnya anda bisa menyisir atau mengambil kutu yang melekat pada bulu burung.


Cara-cara di atas bisa anda lakukan setiap hari sampai burung kesayangan anda bebas dari kutu dan telurnya. Cara ini alami dan tidak berbahaya bagi burung kicau anda. Kutu yang ada di bulu burung jika jumlahnya banyak pasti akan mengganggu penampilan burung anda. Ciri-ciri burung yang mempunyai kutu adalah sebagai berikut :



Burung terlihat lesu dan lemas.
Enggan berkicau.
Burung sering mencabuti bulunya sendiri.
Bulu halus sering rontok.
Bulu sering patah dan berwarna kusam.

tapi jika kutu burung terus membandel anda harus mencoba cara lain, salah satunya dengan menggunakan obat kutu yang sudah terpercaya dan terbukti ampuh. Tapi ingat! dosis dan pemakaian pada obat kimia tidak boleh melebihi takaran yaa, karena dapat berakibat buruk bagi burung tercinta..



sekian....

toko ratu bandung




sumber www.google.co.id dan wikipedia.co.id juga sumber sumber lainnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar